14 Trik Mudah Menjaga Kesehatan Kulit agar Tetap Kinclong

Posted on

Kesehatan kulit

14 Trik Mudah Menjaga Kesehatan Kulit agar Tetap Kinclong

Apa sih cantik itu? apa sih tampan itu? cantik dan tampan salah satunya ditentukan oleh kondisi kulit, apakah kondisi kulit tersebut kuning bersih, atau hitam kusam berjerawat. Kulit adalah bagian terluar tubuh yang menjadi salah satu standar kecantikan atau ketampanan seseorang. Apa yang diberi olesan krim? Apa yang ditaburi bedak? Dan apa yang dipulas dengan lotion? Jawabannya adalah kulit. Jika ingin cantik, jika ingin tampan, yuk jaga kesehatan kulit melalui perawatan alami seperti tersebut di bawah ini.

1. Hindari Rokok

Tips kesehatan manapun, sama sekali tidak ada yang memperolehkan merokok. Ini berarti merokok mutlak untuk dihindari termasuk untuk menjaga kesehatan kulit. Hindari merokok dan hindari asap rokok. Kandungan nikotin dalam rokok mengurangi kesehatan kulit, mempercepat proses penuaan pada kulit, merusak sel sel kulit, dan memecahkan kolagen sehingga tingkat kekenyalan kulit menurun.

Hindari rokok, hindari asap rokok sebagai bentuk pencegahan agar kesehatan kulit terjaga. Sebagai tahap awal menghindari kebiasaan merokok, alihkan kebiasaan ini dengan rokok herbal, dengan permen, dengan nge-teh, atau minum jus lemon yang menyehatkan.

2. Hindari Alkohol

Rokok dan alcohol adalah musuh besar kesehatan. Tidak pandang bulu apa jenis penyakitnya, namun dua kebiasaan negatif tersebut adalah pantangan yang harus dihindari. Untuk menjaga kesehatan kulit, langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan menghindari konsumsi alcohol. Alkohol membuat kulit kekurangan cairan sehingga tampak kusam dan tidak segar. Dalam kondisi ter-dehidrasi seperti ini, kulit kekurangan kelembabannya dan kusam saat dipandang.

Banyak sekali efek negatif alcohol yang menjadi alasan kenapa kita harus menghindarinya. Beberapa diantaranya adalah merusak organ hati, melebarkan pembuluh darah, hormon tidak stabil, dan dapat menurunkan produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen berhubungan dengan elastisitas pada kulit yang jika elastisitas itu menurun maka akan mempengaruhi tingkat kesegaran dan kelembaban kulit.

3. Cukup Tidur

Well, kurang tidur juga merupakan musuh besar kesehatan. Sesibuk apapun kita, sebanyak apapun deadline yang kita hadapi saat ini, usahakan untuk rileks dan cukupi waktu tidur. Tidur bukan berarti kita tidak produktif atau malas-malasan. Tapi tidur yang cukup membantu diri mencintai tubuh yang merupakan medium kita untuk beraktivitas.

Selama tidur, kulit akan melakukan regenerasi dan memperbaiki sel kulit yang mati. Kurang tidur apalagi jika ini terjadi setiap malam menyebabkan munculnya kantung mata, wajah tampak layu dan kusam, serta kurang bertenaga. Cukupi waktu tidur agar kesehatan kulit tetap terjaga. Tidur juga menurunkan risiko bad mood dan stress sehingga saat terbangun Anda akan kembali bersemangat untuk beraktivitas.

4. Perbanyak Konsumsi Makanan yang Kaya Nutrisi

Kesehatan manusia salah satunya dipengaruhi oleh apa makanan yang dikonsumsi. Untuk menjaga kesehatan kulit pun demikian. Jenis makanan yang dikonsumsi sebaiknya adalah makanan yang kaya serat seperti buah dan sayur yang rutin dikonsumsi setiap hari. Makanan tersebut memberikan efek segar dan lebih muda pada kulit Anda. Perbanyak konsumsi sayur atau buah yang kaya akan vitamin A. Seperti yang kita tau bahwa, vitamin ini adalah vitamin yang bagus untuk mata dan kesehatan kulit sehingga kulit tampak putih merona, lembab dan sehat.

5. Kontrol Stres

Seringkali kita kesulitan menghubungkan antara kesehatan fisik dengan bermasalah atau tidaknya kondisi psikis. Stres besar pengaruhnya bagi kesehatan, termasuk berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Kendalikan stres agar kulit tampak lembab, segar, dan terawat.

Apa hubungan antara stres dengan kesehatan kulit? Saat sedang stres, hormon adrenalin akan merangsang terbentuknya kortisol. Ini menyebabkan produksi lemak meningkat yang menyebabkan penyumbatan pada pori-pori. Pada kondisi tersebut, potensi jerawat pun akan meningkat dan kulit tampak kotor. Kendalikan stres dengan menaruh masalah atau tekanan apapun sebagai sesuatu yang wajar yang harus dilampaui. Take it easy agar beban tidak semakin berat dan selalu gunakan sudut pandang positif saat menghadapi masalah apapun.

6. Lindungi Kulit dari Sengatan Sinar Matahari secara Langsung

Pada kisaran pukul 10.00 sampai dengan pukul 16.00, paparan sinar matahari sedang sangat intens. Ini menyebabkan kerusakan sel kulit sehingga kulit tidak lagi tampak segar dan lembab. Selalu lindungi diri dari paparan sinar matahari secara langsung agar kulit tetap lembab. Caranya cukup mudah, kenakan kostum tertutup mulai dari celana panjang, baju panjang, sarung tangan, masker, kacamata pelindung dan hijab. Atau, Anda bisa kenakan sun block lebih kurang 20 menit sebelum Anda mulai beraktivitas di luar. Dua cara tersebut efektif cegah kulit dari sengatan matahari secara langsung.

7. Bersihkan Wajah secara Rutin

Rutin membersihkan kulit adalah syarat utama menjaga kesehatan kulit. Untuk menjaga kesehatan kulit wajah, cuci muka secara rutin dengan menggunakan air dan sabun yang cocok. Bersihkan wajah dengan pelembab dan pembersih setelah memakai make up atau setelah perjalanan jauh untuk menghilangkan kotoran dan debu yang melekat. Jika jenis kulit wajah Anda adalah kulit kering, kenakan pelembab agar wajah tidak kering.

Untuk kulit tubuh, manfaatkan lotion yang minim kandungan  bahan kimiawinya. Pilih lotion yang alami yang membersihkan dan melembabkan dan pakailah secara rutin setiap hari. Di samping perawatan tersebut, ada hal pokok yang harus kita lakukan, yaitu mandi secara rutin tiga kali sehari dan membersihkan kotoran yang menempel di badan. Gunakan sabun mandi yang sesuai dengan kadar kelembaban kulit Anda dan direkomendasikan oleh tim medis terpercaya.

8. Lakukan Eksofiliasi

Eksofiliasi bermanfaat untuk menghilangkan sel kulit mati. Kulit mati yang menumpuk di kulit menyebabkan kulit kusam. Lakukan eksofiliasi secara rutin setidaknya 2 kali dalam seminggu dengan menggunakan material yang cocok. Seperti bubuk kopi, oatmeal, dst. Jika Anda enggan melakukannya di rumah karena ribet atau karena kesibukan, Anda bisa melakukan eksofiliasi di pusat kecantikan saat sedang senggang.

Setelah melakukan eksofiliasi, kulit kering dan sel mati yang ada di tubuh perlahan berkurang dan berganti dengan sel kulit yang baru. Langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan dengan lulur secara rutin yang di dalamnya mengandung bahan-bahan alami terpercaya. Bahan alami yang direkomendasikan untuk lulur diantaranya adalah lidah buaya, coklat, kopi, yoghurt, teh hijau, dan masih banyak lagi.

Manfaatkan bahan alami tersebut untuk mendapatkan khasiatnya agar kesehatan kulit terjaga dengan baik. Lulur selain bermanfaat untuk  membersihkan, dan melembabkan, juga berguna untuk membangkitkan mood sesuai dengan aroma material yang kita gunakan untuk luluran.

9. Cukupi Konsumsi Air Mineral

Kunci sederhana menjaga kesehatan adalah dengan konsumsi air mineral yang cukup. Cukupi konsumsi air mineral setidaknya 8 sampai 10 gelas air setiap harinya atau sekitaran 2 liter air per hari. Tubuh yang terhidrasi cukup air membuat kulit tampak lebih segar, kelembaban kulit terjaga, dan tidak kering apalagi kusam. Konsumsi cukup air selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, juga membantu memperbaiki kinerja organ pencernaan agar tidak mengalami konstipasi.

10. Manfaatkan Krim Malam dan Lotion

14 Trik Mudah Menjaga Kesehatan Kulit agar Tetap Kinclong2

Ada beberapa orang yang memiliki jenis kulit yang kering di bagian siku, lutut, dan tumitnya. Terkadang antara bagian tubuh yang lain dengan ketiga bagian tubuh yang telah disebutkan diatas benar-benar jauh berbeda. Untuk meratakan warnanya, dan untuk menjaga agar bagian yang kering dan sensitive tetap terjaga, oleskan krim malam secara rutin sebelum tidur.

Dengan catatan, pilih jenis krim malam yang mengandung bahan dasar alami, tidak kaya akan bahan kimia berbahaya, dan, lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal dan tidak membahayakan kesehatan kulit. Pilih krim malam berdasarkan rekomendasi dokter ahli di bidangnya.

Selain krim malam, manfaatkan lotion untuk menjaga agar kulit tetap dalam keadaan lembab. Pilih lotion yang sesuai dengan anjuran medis dan tim ahli, oleskan ke seluruh bagian tubuh sebelum tidur, dan untuk bagian kaki, gunakan kaos kaki agar tetap lembab. Sedikit ribet memang, namun inilah langkah yang harus kita tempuh agar kesehatan kulit tetap lembab dan tetap segar.

11. Kenakan Baju Tidur yang Longgar

Saat sedang tidur, kulit melakukan proses regenerasi sel kulit yang mati. Usahakan untuk memakai baju tidur yang longgar agar sirkulasi udara di pori-pori kulit tercukupi dan berjalan dengan baik. Usahakan untuk tidak memakai baju yang ketat yang membuat pori-pori kulit kesulitan bernafas dan kita pun merasa tidak nyaman saat sedang beristirahat. Pilih bahan baju tidur yang nyaman dan menyerap keringat agar tidur lebih nyenyak dan kesehatan kulit tetap terjaga.

12. Aktif Olahraga

Olahraga merupakan kunci menjaga kesehatan. Olahraga tidak perlu dilakukan dengan cara yang ekstrim dan membahayakan. Anda bisa berolahraga secara rutin setiap pagi dengan jogging, dengan berenang di akhir pekan, atau berjalan-jalan 20 menit setiap pagi di tengah udara yang sejuk dan segar.

Jika ada waktu senggang, olahragalah di gym bersama pasangan, bersama kerabat, bersama teman dekat agar tubuh senantiasa bugar dan kencang. Riset membuktikan bahwa olahraga efektif menjaga kulit agar tetap kencang, kulit tetap elastis, tidak gampang berkerut, dan mencegah penuaan dini. Yuk, rutin berolahraga untuk menjaga kesehatan kulit mulai saat ini juga.

13. Konsumsi Buah Jeruk

Kulit butuh terhidrasi dengan baik untuk menjaga dari kulit kering dan kusam. Selain konsumsi cukup air, biasakan untuk mengonsumsi jeruk, atau buah-buahan yang tinggi kadar airnya seperti semangka, melon, dan anggur. Di malam hari, Anda bisa sajikan salad buah di tengah makan malam untuk menghidrasi kulit agar tetap sehat, segar, dan lembab.

14. Posisi Tidur yang Sesuai

Posisi tidur terlentang membantu kulit tubuh lebih rileks dan bisa bernafas dengan lebih lega. Hindari posisi tidur tengkurap yang menyebabkan pori kulit wajah tidak bisa bernafas lega. Selain baju longgar dan posisi tidur yang sesuai, gunakan aromaterapi yang memberikan bau segar, bau wangi, sehingga tidur lebih rileks, lebih tenang, dan lebih nyenyak. Kualitas tidur yang terjaga memberikan rasa nyaman tersendiri bagi Anda, menghilangkan stress, memperbaiki mood, dan membantu kulit meregenerasi sel kulit mati dengan lebih baik lagi.

Kulit yang sehat bebas kusam bisa kita dapatkan dengan rutin melakukan cara alami di atas. Memiliki kulit yang sehat, segar, tidak kusam, dan lembab meningkatkan rasa percaya diri sehingga lebih enjoy dalam beraktivitas. Yuk, jaga kesehatan kulit dengan intens dengan cara alami di atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.