10 Program Kesehatan Keluarga untuk Buah Hati Tercinta

Posted on

Program kesehatan keluarga

10 program kesehatan keluarga yang praktis untuk buah hati tercinta

Program kesehatan keluarga khususnya bagi buah hati adalah hal penting yang harus dipikirkan matang-matang bersama pasangan. Kesehatan mahal harganya. Ini adalah rahasia umum yang setiap orang pasti berkeluh kesah saat penyakit melanda, dan ingin segera sembuh serta kembali beraktivitas. Siapa pun tidak ingin terserang penyakit, termasuk anak-anak. Bisa Anda bayangkan bagaimana jika si kecil terserang penyakit? Sebagai orang tua, kita akan merasa iba, merasa kasihan, apalagi saat menyentuh dahinya yang panas, dan rasa nyeri entah di bagian tubuhnya yang mana. Jika sakit itu bisa berpindah, kita adalah orang pertama yang siap menanggungnya.

Baiklah, manusia tidak boleh lepas dari usaha yang gigih termasuk dalam menjaga kesehatan. Program kesehatan keluarga khususnya bagi si kecil bisa Anda rancang bersama pasangan sebagai tindakan preventif agar anak tidak jatuh sakit. Kali ini, saya akan berbagi program kesehatan keluarga yang praktis yang bisa diterapkan bagi si kecil dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa memakainya sebagai referensi agar anak terbiasa menjalani hidup sehat dan bebas penyakit. 

1.    Cuci tangan sebelum makan

Simpel sekali, salah satu tips program kesehatan keluarga yang mudah dilakukan namun besar pengaruhnya bagi kesehatan adalah cuci tangan sebelum makan. Yups, tips ini tidak hanya bagus jika diterapkan oleh buah hati tercinta saja tetapi oleh seluruh anggota keluarga. Apa pentingnya mencuci tangan sebelum makan?

Saat dipandang dengan kasat mata, telapak tangan tampaknya bersih, tidak ada kotoran yang melekat sama sekali. Lain halnya saat Anda memakai mikroskop untuk melihatnya lebih dekat lagi.  Anda bisa amati berapa banyak kuman, bakteri, dan virus yang melekat di masing-masing telapak tangan. Jika tidak dicuci sampai bersih, benda hidup penyebab penyakit itu akan ikut tertelan bersama makanan yang kita konsumsi. Ini akan semakin menjadi jika anak-anak yang mengalaminya. Daya tahan tubuh anak masih lemah sehingga potensi anak untuk terserang penyakit cukup tinggi. Program kesehatan keluarga bagi buah hati yang satu ini bisa Anda biasakan sejak dini.

2.   Membiasakan diri memakai cairan antiseptic

Pada dasarnya, cuci tangan dengan air saja belum menjamin kebersihan telapak tangan masing-masing. Anda bisa biasakan si kecil memakai cairan antiseptic selepas beraktivitas di luar atau setelah menyentuh barang-barang apapun. Tujuannya adalah agar penyebab penyakit yang menempel pada telapak tangan si kecil segera ternetralisir dengan baik. Terkait dengan penggunaan cairan antiseptic, dan jenis cairan antiseptic apa yang aman bagi anak, Anda bisa konsultasikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter keluarga.

3.   Berpakaian bersih dan menggantinya 3 kali sehari

Pakaian adalah salah satu kebutuhan dasar yang melekat pada tubuh manusia. Pakaian yang bersih menjadi sumber jauhnya penyakit dari tubuh, dan pakaian yang kotor menjadi sarang kuman. Anda bisa mengganti baju yang dikenakan anak-anak tiga kali sehari. Atau, Anda bisa memilihkan costum yang berbeda-beda di setiap momen, sebut saja kostum untuk sekolah, kostum untuk ngaji, kostum untuk santai, dan juga kostum istirahat. Tujuannya adalah, agar bacteri pada pakaian tidak menumpuk yang pastinya berpengaruh pada kesehatan si kecil. Saat baju terasa lepek dan berbau, ini pertanda bahwa kuman menumpuk dan Anda harus segera menggantinya.

Selain mengganti baju, Anda sebagai orang tua harus memastikan bahwa anak-anak mengenakan baju yang benar-benar bersih. Pastikan bahwa Anda mencuci baju anak dengan detergen pilihan, merendamnya dengan pewangi dan menjemurnya hingga kering. Setelah itu, setrika baju anak agar tampilan anak rapi dan memastikan tidak ada lagi kuman dan bakteri yang menempel. Program kesehatan keluarga yang satu ini nampaknya sepele namun memiliki pengaruh yang besar bagi kesehatan anak. Akan sedikit lelah memang, namun ini sangat berperan terhadap kesehatan anak.

4.   Mandi tiga kali sehari

Tidak hanya baju yang sebaiknya diganti tiga kali sehari, mandipun sebaiknya dilakukan tiga kali dalam sehari. Mandi sebaiknya dilakukan di pagi hari, siang hari, dan sore hari. Ada banyak manfaat yang akan didapatkan anak jika si kecil rajin mandi. Dalam dunia pengobatan herbal, terapi dengan media air banyak digunakan untuk proses penyembuhan. Siapa saja yang rajin mandi akan memiliki spirit aktivitas yang lebih dibandingkan dengan mereka yang jarang melakukannya. Ya, anak-anak dan siapa saja yang rajin mandi akan lebih semangat dalam beraktivitas, tubuh terasa segar dan giat untuk melakukan kegiatan. Kepala yang terasa berat atau pusing, akan teratasi dengan mandi keramas. Ada anak yang tanpa disuruhpun sudah minta mandi, dan ada anak yang susah sekali di suruh mandi. Pastikan Anda mendisiplinkan anak terkait aktivitas mandi sejak dini agar anak terbiasa melakukannya. Kuman dan kotoran yang menempel di tubuh anak akan hilang dengan penggunaan sabun mandi yang tepat sehingga program kesehatan keluarga khususnya untuk buah hati akan berjalan lancar.

5.   Selektif memilih jajanan

10 program kesehatan keluarga yang praktis untuk buah hati tercinta2

Dua sumber penyakit yang utama adalah, malas olahraga dan konsumsi makanan sembarangan. Kadang kita sebagai orang tua tidak sepenuhnya sempat memantau apa saja makanan yang dikonsumsi si kecil, apalagi jika kita sibuk dengan karir masing-masing. Apapun kesibukan kita, program kesehatan keluarga yang harus diprioritaskan adalah selektif dalam memilih makanan yang dikonsumsi, khususnya untuk buah hati. Anda bisa sediakan makanan yang sehat dan alami untuk anak.

Makanan yang sehat adalah makanan yang mendukung kebutuhan kesehatan anak, makanan tersebut adalah makanan empat sehat lima sempurna yang membantu memenuhi nutrisi anak. Anak yang terpenuhi nutrisinya, perkembangan tubuhnya akan maksimal dan kecerdasannya pun akan berkembang dengan cepat. Ini akan sangat menguntungkan untuk kepentingan akademiknya. Adapun jenis makanan yang wajib dihindari adalah makanan cepat saji, makanan yang mengandung bahan pengawet semacam formalin, makanan yang mengandung pewarna, dan sebagainya. Pastikan anak mengonsumsi makanan yang alami, tidak mengandung bahan kimia agar program kesehatan keluarga yang Anda rencanakan untuk buah hati berjalan dengan baik.

6.   Gosok gigi sebelum tidur

Bimbing si kecil agar anak terbiasa menggosok gigi sebelum tidur. Banyak sekali manfaat yang akan didapatkan, diantaranya adalah, gigi tetap sehat, kotoran yang ada di sela-sela gigi tidak menyebabkan sakit gigi atau gigi berlubang, dan gigi tetap kuat. Umumnya, anak-anak malas saat harus menggosok gigi terlebih dahulu apalagi saat kondisi tubuh sudah ngantuk.  Anda bisa disiplinkan kebiasaan ini kepada anak sejak kecil agar kesehatan gigi anak terjaga.

7.   Minum air putih

Tips menjaga kesehatan yang mudah dipraktikkan dan disarankan tidak hanya untuk dewasa tetapi juga anak-anak adalah minum air putih dalam jumlah yang cukup. Air putih adalah salah satu senjata kesehatan yang paling ampuh yang tidak hanya sebagai obat penyakit ringan saja tetapi juga untuk obat penyakit berat semacam batu ginjal, kolesterol, asam urat, dan masih banyak lagi.

Anak-anak Anda bermasalah dengan kesehatannya? Anda bisa menjaga kesehataan buah hati dengan cara memperbanyak konsumsi air putih. Konsumsi air putih membantu anak menjaga kondisi organ ginjalnya agar beroperasi dengan baik, mencukupi kebutuhan mineral anak agar jangan sampai dehidrasi, dan menjaga fisik anak agar terhindar dari penyakit. Pantau intensitas anak dalam mengonsumsi air putih dan ingatkan jika anak-anak lengah untuk mengonsumsinya.

8.   Rangsang anak untuk aktif bergerak

Yup, aktif bergerak adalah syarat agar tubuh tetap sehat.  Program kesehatan keluarga ini bisa Anda biasakan penerapannya bagi anak saat melakukan hal-hal kecil di rumah. Anda bisa membiasakan anak mandiri saat berada di rumah. Tidak perlu Anda yang harus menyodorkan apapun yang mereka butuhkan. Anda bisa minta anak dengan tegas untuk mengambil makanan dan minumannya sendiri, meminta anak untuk mencuci piringnya sendiri, meminta mereka membuang sampah di tempat yang sudah disediakan, dan sebagainya. Tujuannya adalah, agar anak-anak terbiasa bergerak dan tidak pasif. Selain bagus bagi kesehatan, ini juga membantu anak untuk mandiri.

Atau, Anda bisa agendakan program kesehatan keluarga dengan mengajak anak-anak untuk terlibat dalam jogging setiap akhir pekan yang Anda lakukan bersama pasangan tercinta.  Anda bisa mengajak si kecil lari pagi di kompleks perumahan dengan kostum yang kompak. Ini juga membantu mengembangkan bakat sosialisasi anak.

9.   Biarkan anak berinteraksi dengan cahaya matahari di pagi hari

Ada banyak produk kecantikan yang dibuat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Memang, pada saat terik, matahari menyebabkan kulit hitam legam dan menyebabkan radiasi, lain halnya saat di pagi hari dengan sinar matahari yang masih sejuk dan menyehatkan. Anak-anak akan tercukupi kebutuhan vitamin A dan D-nya yang penting untuk nutrisi kulit dan tulang. Anda bisa sarankan anak-anak untuk bermain di taman di pagi hari, jogging sebentar sebelum berangkat ke sekolah, atau dengan memberikan ruang terbuka di dalam rumah dimana sinar matahari bisa masuk secara langsung. Kekurangan vitamin D akan berdampak pada kelainan pada tulang, termasuk penyakit rakhitis. Jaga kesehatan tulang anak dengan kecukupan sinar matahari setiap harinya.

10. Konsultasi dan cek up

Program kesehatan keluarga yang disarankan bagi Anda sekeluarga adalah konsultasi secara langsung kepada ahlinya. Anda bisa konsultasi dengan pihak dokter keluarga tidak hanya saat si kecil sedang sakit, tetapi juga untuk konsultasi mengenai usaha yang harus dilakukan agar si kecil tetap sehat. Sebut saja dengan konsultasi makanan apa yang cocok untuk dikonsumsi anak pada rentang usia 1-2 tahun, 3-4 tahun, 5-6 tahun, dst. Atau, Anda bisa tanyakan cairan antiseptic apa yang direkomendasikan, dan sabun mandi yang disarankan untuk anak.

Saat anak sakit dan Anda tidak tahu bagaimana cara mengatasinya, Anda bisa segera membawanya ke dokter untuk mengetahui apa penyakit yang sedang di derita buah hati, jangan sampai terlambat. Perlu diingat bahwa agar anak tidak kecanduan obat-obatan kimian, Anda bisa pilih program kesehatan alami dengan penanganan yang alami yang minim efek sampingnya bagi fisik si kecil. Langkah sigap ini akan menghindarkan anak dari potensi semakin parahnya penyakit yang diderita.

Anda menyayangi buah hati sepenuhnya dan ingin agar si kecil sehat dan ceria selalu? Cobalah 10 ide program kesehatan keluarga di atas saat ini juga. Selamat mencoba semoga bermanfaat bagi Anda sekeluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.