10 Kegunaan Foto Keluarga ini Menjadi Alasan Anda Sekeluarga Wajib Memilikinya

Posted on

Kegunaan Foto Keluarga

10 kegunaan foto keluarga ini menjadi alasan Anda sekeluarga wajib memilikinya

Kegunaan foto keluarga memiliki cukup banyak fungsi. Foto keluarga tidak hanya sebagai bahan pajangan yang meningkatkan sisi artistik dari sebuah ruangan, namun ada banyak fungsi yang akan Anda dapatkan dengan memajang foto keluarga di rumah Anda. Biasanya, foto keluarga terdiri dari anggota keluarga secara keseluruhan yang memakai seragam anggota keluarga lengkap. Dicetak dengan ukuran tertentu sesuai dengan ukuran ruangannya dengan bingkai sesuai selera.

Foto keluarga tidak hanya terdiri dari keluarga inti saja, tetapi juga keluarga besar, seperti foto bersama kakek nenek dari keluarga ayah atau ibu, beserta saudara-saudara dari pihak keluarga masing-masing. Apakah Anda sudah berfoto bersama keluarga lalu menaruhnya di ruang tamu atau ruang keluarga Anda? Jika belum segera lengkapi ruangan Anda dengan foto keluarga saat ini juga. Dengan kegunaan foto keluarga seperti yang tersebut dibawah ini, siapa tau keharmonisan keluarga akan semakin terjaga. Apa saja kegunaan foto keluarga itu? simak penjabarannya dibawah ini!

  1.  Pajangan

Kegunaan foto keluarga yang pertama adalah sebagai dekorasi atau pajangan, sebagaimana hiasan lain yang Anda letakkan di  ruangan tersebut. Setiap ruangan di dalam rumah tersusun dari bagian fungsional yang harus ada sebagai kerangka dasar bangunan, dan juga bagian aksesorisnya. Bagian dasar ruangan terdiri dari dinding dan kombinasi warna cat yang menarik, sedangkan untuk bagian aksesorisnya biasanya ditambahkan pajangan seperti kaligrafi, atau pot bunga tempel yang menarik dan sesuai dengan kondisi ruangan.

Nah, agar pajangan atau dekorasi semakin lengkap Anda bisa tambahkan foto keluarga dalam ruangan tersebut. Kegunaan foto keluarga disini adalah sebagai pelengkap ruangan yang fungsinya adalah dekoratif sehingga ruangan akan semakin menarik dengan adanya pajangan ini. Sebelum itu, pertimbangkan ukuran foto yang pas agar seimbang dengan ukuran ruangan, jangan asal sebut ukuran atau asal tempel saja tetapi tidak mempertimbangkan sisi kesesuaian dengan ruangan. Selain itu, Anda bisa pilih desain bingkai yang disesuaikan dengan sense ruangan yang ingin Anda bentuk, apakah sense-nya elegan, masculine, feminine, dan sebagainya. Kegunaan foto keluarga yang pertama ini akan mendukung sisi estetis dari sebuah ruangan. Percantik dan perlengkap ruangan Anda dengan menggunakan dekorasi foto keluarga yang menarik.

2.   Identitas

Kegunaan foto keluarga yang selanjutnya adalah sebagai identitas pemiliknya. Ya, salah satu fungsi foto memang adalah sebagai identitas. Siapa saja yang berkunjung akan tau bahwa itulah anggota keluarga Anda yang mungkin saat itu tidak sedang berada di rumah sehingga para tamu tidak bisa bersua langsung dengan mereka. Darisini, Anda sebagai pemilik rumah bisa memperkenalkan siapa saja yang  berada dalam foto tersebut, mulai dari anak pertama, kedua hingga terakhir. Jika dalam foto tersebut ada orang tua Anda (kakek nenek dari anak-anak Anda), Anda bisa memperkenalkannya juga kepada mereka. Terkadang, ada foto keluarga dengan anggota yang memakai baju dinas dalam foto tersebut. Ini akan mempermudah Anda atau para tamu untuk membuka perbincangan terkait profesi anak-anak Anda. Dengan demikian, foto menjadi tanda pengenal dimana para tamu bisa secara langsung mengidentifikasi anggota keluarga Anda.

3.   Kenangan

Selanjutnya, kegunaan foto keluarga adalah sebagai kenangan. Kenangan disini bisa dibedakan fungsinya menjadi dua, yaitu kenangan akan anggota keluarga yang sudah meninggal, atau kenangan akan momen bahagia saat sedang bersama keluarga. Segala sesuatu milik Alloh, manusia diciptakan oleh-Nya dan akan kembali pada-Nya. Dalam foto keluarga, jika ada keluarga yang sudah berpulang, kita bisa mengingat anggota keluarga tersebut dari foto keluarga yang dipajang atau yang tersimpan dalam album kenangan. Ini akan mengingatkan kita pada keberadaan almarhum dan almarhumah di masa lalu dan kita sempatkan waktu untuk mendoakan setiap waktu.

Atau, foto keluarga yang diambil pada momen-momen bahagia saat berada di lokasi tertentu akan mengingatkan kita pada momen membahagiakan tersebut yang diambil saat sedang berlibur di tempat wisata itu. Kita akan ingat pada keseruan saat berada di lokasi tersebut dan ingin mengulanginya sewaktu-waktu lagi, entah kapan. Mungkin Anda akan terpingkal sendiri karena ingat ada momen seru yang diwakili oleh foto keluarga tersebut.

4.   Simbol keharmonisan

Foto keluarga yang dipajang di ruangan keluarga atau di ruang tamu adalah simbol keharmonisan. Ini seperti halnya saat Anda berlibur bersama seluruh anggota keluarga sekaligus, atau saat Anda memutuskan pergi ke hajatan bersama-sama. Ya, akan muncul sisi harmonis saat sedang memandang foto keluarga itu. Foto keluarga adalah simbol keharmonisan yang akan menjadi energi positif bagi Anda yang melihatnya.

5.   Image positif dari para tamu

Saat ada tamu bertandang ke rumah, mereka akan memberikan nilai atas keluarga Anda dari dua aspek, yaitu saat Anda menjamu mereka dan dari foto keluarga yang Anda pajang. Kegunaan foto keluarga disini adalah sebagai pembangun image saat ada yang bertandang ke rumah Anda. Saat Anda menerima tamu dengan cara yang halus, sopan dan sewajarnya terhadap para tamu, mereka merasa gembira dengan apa yang Anda lakukan. Begitupun saat mereka melihat foto keluarga yang Anda pajang. Mereka akan tau itulah anggota keluarga Anda dan ini menjadi penanda bagi mereka bahwa keluarga Anda adalah keluarga yang harmonis. Inilah kegunaan foto keluarga untuk menjaga image keluarga agar senantiasa baik di mata orang lain.

6.   Pemersatu dan Peredam Konflik

Foto keluarga bisa digunakan sebagai alat pemersatu. Saat Anda memiliki masalah dengan anggota keluarga, atau dengan pasangan, cobalah untuk sekali saja menengok foto keluarga yang dipajang di ruang tamu atau yang ada dalam album foto keluarga itu. Mungkin saja Anda akan ingat momen bahagia saat melihat foto itu, mungkin saja Anda akan menyesal kenapa masalah sepele itu sampai membuat Anda menghadapi konflik dan akhirnya berinisiatif untuk meminta maaf dan berdamai.  Ya, inilah salah satu kegunaan foto keluarga yang amat penting. Selepas konflik, Anda bisa merenung sejenak, memandang foto kebersamaan itu agar amarah reda dan muncul rasa ingin berdamai.

7.   Penyemangat

10 kegunaan foto keluarga ini menjadi alasan Anda harus memilikinya 2

Sebagai manusia, ada kalanya kita semangat, ada kalanya bahagia, ada saatnya sedih, dan ada pula waktunya jenuh. Apalagi jika peran Anda dalam keluarga adalah orang tua khususnya ayah yang mencari nafkah. Sangat mungkin Anda mengalami masa-masa bosan dan ingin hengkang saja dari pekerjaan yang monoton itu. Namun saat Anda berfikir ulang sembari memandangi foto keluarga di tangan, dengan senyum manis anak-anak yang alami dan lepas, Anda akan membayangkan untuk selalu ingin membahagiakan mereka, ingin agar mereka sukses sampai sarjana, dan ingin agar mereka tidak kekurangan suatu apapun. Dengan tujuan itu, apakah Anda akan malas untuk bekerja? Tidak! Rasa jenuh, rasa capek, rasa malas, segera berganti dengan semangat bekerja yang tiada hentinya, demi keluarga dan anak-anak tercinta.

8.   Penyambung tali silaturahim

Seperti disinggung dimuka bahwa foto keluarga tidak hanya terdiri dari anggota keluarga inti / nuclear family saja. Tetapi, ada pula foto keluarga dengan keluarga besar entah dari pihak ayah maupun dari pihak ibu. Anak-anak balita yang belum tau siapa pakde bude, om dan tantenya, bisa Anda tunjukkan melalui foto keluarga yang ada di ruang tamu. Ini bisa dijadikan tahap pengenalan silaturahim yang mungkin di kemudian hari Anda bisa mengajaknya berkunjung ke rumah kerabat masing-masing. Bukankah silaturahim adalah hal penting yang harus di jaga dan merupakan perintah agama?

9.   Menumbuhkan rasa cinta kasih

Memandang foto keluarga, selain bermanfaat untuk membangkitkan semangat, dan pelerai konflik, juga berguna untuk menumbuhkan rasa cinta dan kasih kepada pasangan dan juga anggota keluarga yang lain. Kegunaan foto keluarga ini bisa Anda gunakan untuk membangkitkan cinta kasih yang akan berdampak pada meningkatnya keharmonisan rumah tangga. Cinta kasih adalah dasar membangun fondasi keluarga  yang kuat sehingga keluarga menjadi kokoh dan langgeng sampai akhir hayat. Di awal pernikahan, cinta kasih diwujudkan dengan debaran hati yang menggebu dan kedekatan fisik, namun seiring berjalannya waktu, rasa cinta kasih itu akan berubah menjadi rutinitas yang padat untuk menjalankan peran masing-masing, baik sebagai ayah maupun sebagai ibu. Pada saat inilah, rasa cinta kasih perlu selalu di charge, agar tidak sampai hanya fokus pada kewajiban mencari nafkah tetapi lupa akan peran untuk mengisi batin pasangan dan anak-anak dengan rasa cinta kasih seutuhnya. Dan, salah satu alat untuk menge-charge-nya adalah dengan foto keluarga.

10. Meningkatkan tanggung jawab

Rasa cinta dan kasih yang terjaga, disertai dengan rasa perhatian, membantu menumbuhkan rasa tanggung jawab kepada anggota keluarga yang lain. Seorang pasangan yang mengaku cinta dan sayang pada anggota keluarganya, akan bertanggung jawab penuh atas kebutuhan jasmani dan rohani yang mereka inginkan. Sebut saja suami pada istrinya akan berusaha memberikan kecukupan materi baik itu nafkah lahir maupun nafkah batin yang diharapkan. Anak akan dipenuhi kebutuhan jasmaninya berupa makanan yang sehat, baju yang bersih, pendidikan formal dan non formal yang mencukupi, dan sebagainya. Darimana Anda akan mendapatkan rasa ini? salah satunya adalah dengan melihat momen kebersamaan keluarga yang diabadikan dalam foto bersama. Apakah Anda merasa lengah akan tanggung jawab dan ingin mendapatkan semangat bekerja kembali? Pandang foto keluarga yang tergantung di ruang keluarga saat ini juga!

Sebelum mengambil foto keluarga, ada tips yang harus Anda terapkan agar hasil gambar memuaskan. Coba bicarakan dengan seluruh anggota keluarga apa tema baju yang ingin dipakai saat proses foto. Apa warna yang diinginkan seluruh anggota keluarga, bagaimana modelnya, apa background foto yang disukai, kapan dan dimana prosesi pengambilan fotonya, dst. Musyawarah ini akan memberikan kepuasan pada seluruh anggota keluarga saat melihat hasil terakhir foto. Pilih bingkai yang menarik sesuai keinginan agar hasil foto semakin maksimal.

Foto keluarga memang bukan sekedar foto. Di dalam foto keluarga ini terdapat banyak fungsi penting yang akan membantu meningkatkan estetika ruangan, melengkapi ruangan, dan juga memberikan energi positif bagi siapa saja yang menyaksikannya. Jika Anda belum memiliki foto keluarga, segera buat sebagai simbol kebersamaan dan cinta kasih pada sesama anggota keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.